BAB 13 : SUBBUDAYA DAN PERILAKU
KONSUMEN
a)
Mengapa analisis sub-budaya sangat
urgent bagi para pemasar di negara Indonesia? Uraikan pendapat Anda.
JAWAB :
Analisis
subbudaya memungkinkan para pemasar membagi pasar mereka supaya dapat memenuhi
kebutuhan, motivasi, persepsi, dan sikap khusus yang dipunyai bersama – sama
oleh para anggota kelompok subbudaya tertentu. Subbudaya adalah kelompok budaya
berbeda yang ada sebagai supaya segmen yang dapat dikenali dalam suatu
masyarakat yang lebih besar dan lebih kompleks.
Pembagian
subbudaya ini didasarkan pada berbagai macam variabel sosiobudaya dan
demografis seperti kebangsaaan, agama, lokasi geografis, ras, usia, gender, dan
bahkan status pekerjaan. Analisis subbudaya memungkinkan manajer pemasaran memfokuskan
pada berbagai segmen pasar yang cukup besar dan “alamiah”. Ketika melakukan
analisis, pemasar harus menentukan apakah kepercayaan, nilai – nilai, dan
kebiasaan yang sama – sama dipegang oleh para anggota sub kelompok tertentu
dapat menjadikan mereka calon – calon yang diinginkan untuk diberi perhatian
pemasaran khusus. Oleh karena itu, subbudaya merupakan unit – unit analisis
yang relevan untuk riset pasar.
b)
Uraikan pentingnya segmentasi
sub-budaya bagi para pemasar berbagai produk makanan. Berikan contoh suatu
merek makanan yang bauran pemasaran harus diterapkan secara regional. Jelaskan
mengapa dan bagaimana bauran pemasaran harus dibedakan di semua daerah
geografis Indonesia?
JAWAB :
Segmentasi
sub-budaya bagi para pemasar berbagai produk makanan sangat penting karena
supaya mengetahui segmentasi mana saja yang dapat dituju oleh pemasar.
Disamping itu supaya para pemasar tahu perbedaan berbagai perbedaan regional
dalam perilaku konsumsi, terutama menyangkut produk makanan dan minuman.
Contoh suatu merek makanan yang bauran
pemasaran harus diterapkan secara regional adalah semanguk kopi hitam menjadi
ciri daerah barat, sedangkan secangkir kopi dengan susu dan gula lebih disukai
di daerah timur. Juga terdapat perbedaan biografis dalam konsumsi makanan pokok
seperti roti. Khususnya, didaerah selatan dan barat tengah, roti putih yang
lembut lebih disukai,sedangkan dipantai timur dan barat, roti yang lebih keras
(roti gandum hitam, roti gandum putih, dan roti perancis dan italia) lebih
disukai. Dan perbedaan regional juga meliputi pilihan merk.
Bauran
pemasaran harus dibedakan di semua daerah geografis Indonesia supaya perbedaan
ini membantu meredefinisikan pasar – pasar lokal dari sudut gaya hidup kota
yang khusus. Selain itu, berbagai variasi regional tersebut memberikan dukungan
tambahan bagi para pemasar yang berpendapat bahwa pola konsumsi geografis
penting dipertimbangkan ketika merencanakan berbagai usaha pemasaran dan
promosi.
c)
Bagaimanakah para pemasar harus
mempromosikan berbagai produk dan jasa mereka kepada para wanita bekerja? Daya
tarik apa yang harus mereka pergunakan? Jelaskanlah.
JAWAB :
Para
pemasar dan peneliti konsumen semakin tertarik kepada para wanita bekerja,
terutama wanita bekerja yang sudah menikah. Mereka mengetahui bahwa para wanita
yang sudah menikah dan bekerja diluar rumah merupakan segmen pasar yang besar
dan berkembang, yaitu segmen yang kebutuhannya berbeda dengan wanita yang tidak
bekerja diluar rumah (Ibu rumah tangga). Untuk memberikan kerangka yang lebih
mendalam untuk segmentasi, para pemasar telah mengembangkan penggolongan yang
membedakan motivasi wanita bekerja dengan wanita yang tidak berkerja. Para
pemasar dapat mempromosikan berbagai barang dan jasa melalui internet (situs –
situs online).
Daya
tarik yang harus para pemasar pergunakan yaitu daya tarik naskah iklan khusus
dan pilihan media secara selektif.
d)
Sebagai pemilik keagenan showroom
motor Honda, strategi pemasaran apa yang akan Anda pakai untuk membidik para
wanita bekerja?
JAWAB :
Sebagai pemasar saya akan mengarahkan pemasaran
untuk lebih menginformasikan dan mensosialisasikan kepada para wanita yang
bekerja bahwa motor Honda cocok untuk mereka dari segi kenyamanan, feminism,
mudah untuk dikendarai, dan juga hal yang paling penting adalah tidak boros
bensin. Disamping itu dengan menggunakan
motor Honda mereka dapat menghemat pengeluaran dibandingkan jika mereka
menggunakan motor merk lain, karena motor
Honda yang tidak boros bahan bakar bensin. Dan moto iklan yang dapat
mempengaruhi segmentasi wanita adalah motor Honda sahabat wanita.
saya sukakan post ini.. terima kasih ya karena udah berkongsi.
BalasHapusthanksss
BalasHapus