Minggu, 01 Juli 2012

BAB 16 : PENGAMBILAN KEPUTUSAN

TUGAS BAB 16 PENGAMBILAN KEPUTUSAN

a) Sajikan sebuah model pengambilan keputusan. Berikan penjelasan di masing-masing tahap tersebut.
b) faktor-faktor yang dapat meningkatkan pencarian informasi sebelum pembelian meliputi: faktor produk, faktor situasi dan faktor produk. Jelaskan masing-masing faktor tersebut.
c) Apa criteria yang digunakan untuk menilai merek? Jelaskan
d) Apa yang dimaksudkan dengan relationship marketing? Berikan pula gambaran beberapa karakteristik hubungan antara perusahaan dengan pelanggan dalam “semangat” relationship marketing

JAWAB :

a)               Model pengambilan keputusan
1.    Masukan :
-          Pengaruh  eksternal
1.    Usaha pemasaran Perusahaan :
·     Produk, promosi, harga, saluran distribusi
2.    Lingkungan social budaya
·     Keluarga, sumber informal, sumber non komersial lain, kelas social, sub budaya dan budaya
2.    Proses
-         Pengambilan keputusan konsumen
·         Pengenalan kebutuhan, penelitian sebelum pembelian, evaluasi alternative, pengalaman.
-        Bidang Psikologi
·     Motivasi, persepsi, pembelajaran, kepribadian, sikap
3.   Keluaran 
-          Perilaku setelah keputusan
·     Pembelian : percobaan dan pembelian ulang
·         Evaluasi setelah pembelian

b)               Faktor-faktor yang dapat meningkatkan pencarian informasi sebelum pembelian  meliputi: faktor produk, faktor situasi dan faktor produk :
1.    Faktor produk
-          Lamanya waktu antar pembelian  (produk  tahan lama)
-          Perubahaan harga yang sering
-          Banyaknya yang dibeli
-          Harga yg tinggi
-          Merek alternative yg banyak
-          Berbagai macam keistimewaan

2.    Faktor situasi
-          Pengalaman
Pembelian pertama kali, tudak ada pengalaman yg lalu karena produk baru,  pengalaman sebelumnya yg kurang memuaskan
-          Dapat diterima secara social
Pembelian ditunjukan untuk hadiah, produk dapat dilihat oleh masyarakat
-         Pertimbangan yg berhubungan dengan nilai
Pembelian dilakukan karna keinginan bukan kebutuhan, pembelian mencakup pertimbangan ekologis

3.    Faktor produk
-         Karakteristik demografis konsumen
Berpendidikan baik, penhasilan yg tinggi, pekerjaan kantor, dibawah umur 35 tahun
-         Kepribadian
Tidak terlalu dogmatis , kemampuan menerima resikorendah, senang berbelanja

c)         Criteria yang digunakan untuk menilai merek  :
Harga, kelebihan suatu produk, keistimewaan suatu produk dari produk lain, kualitas suatu produk, nilai dan manfaat suatu produk,

d)           Relationship marketing :
adalah strategi pemasaran yang lebih berfokus kepada loyalitas dan kepuasan customer, bukan semata-mata perluasan pasar. Banyak perusahaan yang telah membangun program pemasaran berdasarkan hubungan (kadang – kadang disebut program kesetian) untuk membantu meningkatkan kesetiaan pemakaian dan komitmen terhadap berbagai produk dan jasa perusahaan. Sudah tentu, tujuan pemasaran berdasarkan hubungan adalah untuk menciptakan hubungan yang kuat dan bertahan lama dengan kelompok inti pelanggan. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar