Minggu, 01 Juli 2012

BAB 14 : LINTAS BUDAYA




BAB 14 : LINTAS BUDAYA
a)             Dengan banyaknya masalah yang dihadapi perusahaan yang menjadi global, mengapa demikian banyak perusahaan yang memilih perluasan secara internasional? Apakah keuntungan memperluas pemasaran melampaui pasar domestik/dalam negeri?
JAWAB :
Alasan mengapa banyak perusahaan yang memilih perluasan secara internasional :
  • Untuk  memasuki akses terhadap pelanggang-pelanggang baru, dengan alasan bahwa ekspansi ke dalam pasar dunia akan memberi potensi untuk meningkatkan pendapatan, laba dan pertumbuhan  jangka panjang, dan dapat  menjadi perusahaan domestik yang mapan.
  • Untuk mencapai biaya rendah dan dan meningkatkan daya saing perusahaan.  Banyak perusahaan melakukan perluasan usaha karena pasar domestik dan industri mereka sudah terbatas, sehingga dengan demikian pada hakekatnya meningkatkan daya saing- perusahaan.
  • Untuk mengkapitalisasi kompetensi utamanya. Sebuah perusahaan dapat memperluas kompetensi dan kapabilitasnya untuk posisi memperoleh keuntungan kompetetif dalam pasar luar negeri seperti pada pasar domestik.
  • Untuk menyebar atau membagi risiko bisnisnya melalui perluasan pasar yang telah ada.

Keuntungan memperluas pemasaran melampaui pasar domestik/dalam negeri,
Menurut Sadono Sukirno
·         Memperoleh barang yang tidak dapat diproduksi di negeri sendiri
·         Memperoleh keuntungan dari spesialisasi
·         Memperluas pasar dan menambah keuntungan
·         Transfer teknologi modern
            Sumber : bisnis-internasional.html

b)            Apakah budaya-budaya di dunia menjadi semakin sama ataukah semakin berbeda? Uraikanlah.
JAWAB :
Setiap negara mempunyai budaya – budaya yang saling berbeda satu sama lainnya. Perbedaan apapun dalam sikap dan perilaku dapat merupakan hal yang penting sekali dalam menentukan  kepuasan dan mungkin memberikan peluang untuk membagi konsumen dari sudut perbedaan budaya. Penelitian psikografis global sering mengungkapkan perbedaan budaya sangat penting bagi pemasar. Analisis tersebut akan  mengenali berbagai peluang pasar yang meningkatkan dan akan menguntungkan para pemasar internasional maupun para konsumen yang menjadi sasaran mereka.

c)             Haruskah makanan Kentucky Fried Chicken (=KFC) dijual di seluruh dunia dengan formulasi yang sama? Dalam kemasan yang sama? Dengan tema iklan yang sama? Jelaskan jawaban Anda.
JAWAB :
Setiap belahan dunia, orang - orang memiliki berbagai macam budaya, kebiasaan, dan keinginan yang berbeda-beda.  Sehingga Kentucky Fried Chiken (KFC) tidak boleh menjual produk mereka dengan formulasi, kemasan, tema iklan yang sama diseluruh dunia. Contoh orang eropa dengan orang asia terutama orang Indonesia, orang eropa tidak mengkonsumsi nasi, sebagian besar makanan pokok mereka roti. Jadi Kentucky fried chicken tidak menjual nasi. Sedangkan jika KFC memasarkan produk Kentucky fried chicken diIndonesia pihak KFC harus menjual nasi.  Karena masyarakat asia terutama Indonesia makanan pokonya adalah nasi. Jadi kesimpulannya pihak KFC harus melihat perbedaan lintas budaya dalam sebuah negara agar dapat menyesuaikan produknya.

d)            Jika Anda ingin memberikan nama suatu produk baru yang diharapkan dapat diterima para konsumen di seluruh dunia, fakktor-faktor budaya apa saja yang akan Anda pertimbangkan?
JAWAB : 
        Faktor-faktor budaya yang akan saya pertimbangkan yaitu : Subbudaya geografis dan regional, karena berbagai studi penelitian mencatat adanya perbedaan regional dalam pola konsumsi. Disamping itu pemilihan nama suatu produk harus disesuaikan dengan tempat dan kondisinya. Supaya makna nama suatu produk tersebut dapat dimengerti oleh setiap orang. Bagi pemasar internasional, akulturasi merupakan proses rangkap dua, pertama : para pemasar harus mempelajari segala sesuatunya yang berkaitan dengan produk dan kategori produk di dalam masyarakat yang mereka rencanakan untuk memasarkan produknya, kemudian mereka harua membujuk para anggota masyarakat tersebut untuk menghentikan cara – cara tradisional mereka dalam melakukan berbagai hal agar dapat menggunakan produk  baru tersebut.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar