Minggu, 01 Juli 2012

BAB 15 : DIFUSI DAN INOVASI

TUGAS 15 : DIFUSI DAN INOVASI

a)             Sebutkan lima ciri-ciri atau sifat-sifat kepribadian konsumen innovator. Jelaskan pendapat Anda ini.
JAWAB :
Sifat kepribadian yang berguna untuk membedakan anatar inovator konsumen
dan bukan inovator meliputi sifat-sifat konsumen sebagai berikut:
*Keinovatifan : Para peneliti konsumen telah berusaah menyusun instrumen pengukuran untuk menaksir tingkat keinovatifan konsumen, karena ukuran sifat kepribadian tersebut memberikan wawasan yang penting mengenai sifat dan batas-batas kesediaan konsumen untuk berinovasi.
*Dogmatisme : Dogmatisme adalah sebuah sifat kepribadian yang mengukur tingkat kekakuan (versus keterbukaan) yang ditunjukkan individu terhadap hal yang belum dikenal dengan baik dan terhadap informasi yang berlawanan dengan kepercayaan mereka yang sudah mendalam.
*Karakter Sosial : Karakter sosial adalah sifat kepribadian yang berkisar dari pengarahan diri sendiri dan pengarahan oleh orang lain. Para konsumen yang diarahkan oleh diri sendiri cenderung menyandarkan pada nilai-nilai / standar dalam diri mereka sendiri dalam menilai berbagai produk barudan berkemungkinan menjadi konsumen inovator.
*Tingkat stimulasi optimum(TSO) :Tingkat stimulasi optimum(TSO) berkaitan  dengan kesediaan yang lebih besar untuk mengambil resiko, mencoba berbagai produk baru, menjadi inovatif, mencari informasi yang berhubungan dengan pembelian, dan menerima fasilitas eceran yang baru daripada TSO yang rendah. Skor TSO juga kelihatan mencerminkan tingkat stimulasi gaya hidup yang diingini seseorang.
*Pencari Variasi-Kesenangan Baru : Ada berbagai tipe konsumen pencari variasi : perilaku pembelian yang bersifat penyelidikan ( misalnya berpindah merek untuk mengalami berbagai pilihan baru dan mungkin alternatif yang lebih baik), penyelidikan pengalaman orang lain (misalnya memperoleh informasi mengenai pilihan baru atau berbeda dan kemudian memikirkan atau merenungkan pilihan tersebut), dan keinovatifan pemakaian ( menggunakan produk yang sudah bisa dipakai dengan cara baru).
b)     Terdapat lima tahap dalam proses adopsi suatu produk, sebutkan dan jelaskan tentang apa yang terjadi di masing-masing tahap tersebut disertai masing-masing tahap tersebut sebuah contoh.
JAWAB  :
1.      Kesadaran
-          Konsumen terbuka terhadap inovasi produk
-          Contoh : selena melihat iklan untuk kamera digital baru di surat kabar.
2.      Minat
-          Konsumen tertarik kepada produk dan mencari informasi tambahan
-          Contoh : selena membaca mengenai kamera pada situs web pabrikan, dan kemudian pergi ke toko kamera dan meminta pramuniaga memperlihatkan kamera itu padanya.


3.      Penilaian
-          Konsumen memutuskan yakin atau tidak bahwa produk atau jasa tersebut akan memenuhi kebutuhan semacam “percobaan dalam pikiran”.
-          Contoh : setelah membicarakannya dengan teman yang berpengetahuan luas, Selena memutuskan bahwa kamera ini harus dapat memberikan foto – foto yang dibutuhkannya untuk dipakai dalam presentasi powerpoint.
4.      Percobaan
-          Konsumen menggunakan produk secara terbatas
-          Contoh : karena kamera tidak dapat “dicoba”, selena membeli kamera dari penjual yang menawarkan kebijakan pengembalian penuh uang dalam 14 hari.
5.      Pemakaian (penolakan)
-          Jika percobaan menyenangkan, konsumen memutuskan untuk menggunakan produk tersebut  secara penuh.
-          Jika tidak menyenangkan, konsumen memutuskan untuk menolaknya
-          Contoh : selena merasa kamera itu mudah digunakan, dan hasilnya sangat bagus, karena itu dia tetap memakai kamera digital itu.

c)       Terdapat lima macam kategori pemakai. Sebutkan dan deskripsikan masing-masing kategori pemakai tersebut serta persentasi relative penduduk yang memakai.
JAWAB :
1.      Inovator
-          Suka berpetualang, mencari gagasan baru, dapat menerima jika resiko adalah keberanian, dan hubungan social yang lebih kosmopolit
-          Persentase  relatif penduduk yang memakai : 2,5 %
2.      Pemakai Awal
-          Rasa hormat, lebih terintegrasi dalam system social local, orang ingin memeriksa sebelum memakai gagasan baru, kategori ini berisi sejumlah terbesar pemimpin pendapat.
-          Persentase  relatif penduduk yang memakai : 13,5%
3.      Mayoritas awal :
-          Berhati –hati sebeum memakai, menerima gagasan baru tepat sebelm waktu rata-rata, jarang memegang posisi kepemimpinan.

-          Persentase  relatif penduduk yang memakai :  34,0%
4.      Mayoritas belakangan
-          Ragu-ragu, memakai gagasan baru hanya setelah waktu rata-rata, memakai mungkin karna kebutuhan ekonomis maupun reaksi terhadap tekanan teman sebaya, inovasi didekati dengan sangat hati-hati.
-          Persentase  relatif penduduk yang memakai : 34,0%
5.      Orang yang terlambat
-          Tradisional, orang yang terakhir memakai inovasi, berpandangan sangat sempit, berorientasi pada masa lalu, curiga kepada yang baru.
-          Persentase  relatif penduduk yang memakai : 16,0%

d)      Berikan karakteristik produk yang mempengaruhi penyebaran, mohon disertai definisi dan contoh di masing-masing karakteristik.
JAWAB :
1.      Keunggulan relatif :
-          Definisi
Tingkat dimana pelanggan potensial menganggap suatu produk baru unggul dibandingkan berbagai produk pengganti yang ada.
-          Contoh : telepon tanpa kabel dibandingkan dengan telepon berkabel
2.      Kecocokan
-          Definisi
Tingkat dimana pelanggan potensial menganggap suatu produk baru sesuai dengan kebutuhan nilai-nilai dan kebiasaan mereka.
-          Contoh : Gillette Mach 3 dibanding dengan pisau sekali pakai.
3.      Kerumitan
-          Definisi
Tingkat kesukaran suatu produk untuk dimengerti dan digunakan.
-          Contoh : produk yg kurang rumit termasuk makan malam, tv, alat cukur listrik dan pudding instan.

4.      Kemungkinan untuk dicoba
-          Definisi
Tingkat kemungkinan suatu produk baru dicoba secara terbatas
-          Contoh : kemasan dan botol produk baru ukuran percobaan
5.      Kemungkinan untuk diamati
-          Definisi
Tingkat dimana manfaat suatu produk dapat diamati, dibayangkan dan disdeskripsikan kepada pelanggan potensial.
-          Contoh : pakaian seperti Jas Tommy Hilfinger yg baru


Tidak ada komentar:

Posting Komentar