TUGAS 15 : DIFUSI DAN
INOVASI
a)
Sebutkan lima ciri-ciri atau
sifat-sifat kepribadian konsumen innovator. Jelaskan pendapat Anda ini.
JAWAB
:
Sifat kepribadian yang berguna untuk membedakan anatar
inovator konsumen
dan bukan inovator meliputi sifat-sifat konsumen sebagai berikut:
*Keinovatifan : Para peneliti konsumen telah berusaah menyusun instrumen pengukuran untuk menaksir tingkat keinovatifan konsumen, karena ukuran sifat kepribadian tersebut memberikan wawasan yang penting mengenai sifat dan batas-batas kesediaan konsumen untuk berinovasi.
dan bukan inovator meliputi sifat-sifat konsumen sebagai berikut:
*Keinovatifan : Para peneliti konsumen telah berusaah menyusun instrumen pengukuran untuk menaksir tingkat keinovatifan konsumen, karena ukuran sifat kepribadian tersebut memberikan wawasan yang penting mengenai sifat dan batas-batas kesediaan konsumen untuk berinovasi.
*Dogmatisme : Dogmatisme adalah sebuah sifat kepribadian yang
mengukur tingkat kekakuan (versus keterbukaan) yang ditunjukkan individu
terhadap hal yang belum dikenal dengan baik dan terhadap informasi yang
berlawanan dengan kepercayaan mereka yang sudah mendalam.
*Karakter Sosial : Karakter sosial adalah sifat kepribadian
yang berkisar dari pengarahan diri sendiri dan pengarahan oleh orang lain. Para
konsumen yang diarahkan oleh diri sendiri cenderung menyandarkan pada
nilai-nilai / standar dalam diri mereka sendiri dalam menilai berbagai produk
barudan berkemungkinan menjadi konsumen inovator.
*Tingkat stimulasi optimum(TSO) :Tingkat stimulasi optimum(TSO) berkaitan dengan kesediaan yang lebih besar untuk
mengambil resiko, mencoba berbagai produk baru, menjadi inovatif, mencari
informasi yang berhubungan dengan pembelian, dan menerima fasilitas eceran yang
baru daripada TSO yang rendah. Skor TSO juga kelihatan mencerminkan tingkat
stimulasi gaya hidup yang diingini seseorang.
*Pencari Variasi-Kesenangan Baru : Ada berbagai tipe konsumen pencari variasi : perilaku
pembelian yang bersifat penyelidikan ( misalnya berpindah merek untuk mengalami
berbagai pilihan baru dan mungkin alternatif yang lebih baik), penyelidikan
pengalaman orang lain (misalnya memperoleh informasi mengenai pilihan baru atau
berbeda dan kemudian memikirkan atau merenungkan pilihan tersebut), dan
keinovatifan pemakaian ( menggunakan produk yang sudah bisa dipakai dengan cara
baru).
b) Terdapat lima tahap dalam proses adopsi
suatu produk, sebutkan dan jelaskan tentang apa yang terjadi di masing-masing
tahap tersebut disertai masing-masing tahap tersebut sebuah contoh.
JAWAB
:
1. Kesadaran
-
Konsumen terbuka terhadap inovasi produk
-
Contoh : selena melihat iklan untuk
kamera digital baru di surat kabar.
2. Minat
-
Konsumen tertarik kepada produk dan
mencari informasi tambahan
-
Contoh : selena membaca mengenai kamera
pada situs web pabrikan, dan kemudian pergi ke toko kamera dan meminta
pramuniaga memperlihatkan kamera itu padanya.
3. Penilaian
-
Konsumen memutuskan yakin atau tidak bahwa
produk atau jasa tersebut akan memenuhi kebutuhan semacam “percobaan dalam
pikiran”.
-
Contoh : setelah membicarakannya dengan
teman yang berpengetahuan luas, Selena memutuskan bahwa kamera ini harus dapat
memberikan foto – foto yang dibutuhkannya untuk dipakai dalam presentasi
powerpoint.
4. Percobaan
-
Konsumen menggunakan produk secara
terbatas
-
Contoh : karena kamera tidak dapat
“dicoba”, selena membeli kamera dari penjual yang menawarkan kebijakan
pengembalian penuh uang dalam 14 hari.
5. Pemakaian
(penolakan)
-
Jika percobaan menyenangkan, konsumen
memutuskan untuk menggunakan produk tersebut
secara penuh.
-
Jika tidak menyenangkan, konsumen
memutuskan untuk menolaknya
-
Contoh : selena merasa kamera itu mudah
digunakan, dan hasilnya sangat bagus, karena itu dia tetap memakai kamera
digital itu.
c)
Terdapat lima macam kategori
pemakai. Sebutkan dan deskripsikan masing-masing kategori pemakai tersebut
serta persentasi relative penduduk yang memakai.
JAWAB :
1. Inovator
-
Suka berpetualang, mencari gagasan baru,
dapat menerima jika resiko adalah keberanian, dan hubungan social yang lebih
kosmopolit
-
Persentase relatif penduduk yang memakai : 2,5 %
2. Pemakai
Awal
-
Rasa hormat, lebih terintegrasi dalam
system social local, orang ingin memeriksa sebelum memakai gagasan baru,
kategori ini berisi sejumlah terbesar pemimpin pendapat.
-
Persentase relatif penduduk yang memakai : 13,5%
3. Mayoritas
awal :
-
Berhati –hati sebeum memakai, menerima
gagasan baru tepat sebelm waktu rata-rata, jarang memegang posisi kepemimpinan.
-
Persentase relatif penduduk yang memakai : 34,0%
4. Mayoritas
belakangan
-
Ragu-ragu, memakai gagasan baru hanya
setelah waktu rata-rata, memakai mungkin karna kebutuhan ekonomis maupun reaksi
terhadap tekanan teman sebaya, inovasi didekati dengan sangat hati-hati.
-
Persentase relatif penduduk yang memakai : 34,0%
5. Orang
yang terlambat
-
Tradisional, orang yang terakhir memakai
inovasi, berpandangan sangat sempit, berorientasi pada masa lalu, curiga kepada
yang baru.
-
Persentase relatif penduduk yang memakai : 16,0%
d)
Berikan karakteristik produk yang
mempengaruhi penyebaran, mohon disertai definisi dan contoh di masing-masing
karakteristik.
JAWAB :
1. Keunggulan
relatif :
-
Definisi
Tingkat dimana pelanggan potensial menganggap suatu
produk baru unggul dibandingkan berbagai produk pengganti yang ada.
-
Contoh : telepon tanpa kabel
dibandingkan dengan telepon berkabel
2. Kecocokan
-
Definisi
Tingkat dimana pelanggan potensial menganggap suatu
produk baru sesuai dengan kebutuhan nilai-nilai dan kebiasaan mereka.
3. Kerumitan
-
Definisi
Tingkat kesukaran suatu produk untuk dimengerti dan
digunakan.
-
Contoh : produk yg kurang rumit termasuk
makan malam, tv, alat cukur listrik dan pudding instan.
4. Kemungkinan
untuk dicoba
-
Definisi
Tingkat kemungkinan suatu produk baru dicoba secara
terbatas
-
Contoh : kemasan dan botol produk baru
ukuran percobaan
5. Kemungkinan
untuk diamati
-
Definisi
Tingkat dimana manfaat suatu produk dapat diamati,
dibayangkan dan disdeskripsikan kepada pelanggan potensial.
-
Contoh : pakaian seperti Jas Tommy
Hilfinger yg baru
Tidak ada komentar:
Posting Komentar