BAB 10 : KELOMPOK RUJUKAN DAN PENGARUH
KELUARGA
a)
Sebagai seorang calon pemasar, Anda
diminta merancang suatu kampanye promosi baru untuk serangkaian toko ritel yang
besar. Strategi kampanye ditujukan untuk meningkatkan pembelajaran berkelompok.
Saran apa saja yang dapat Anda berikan? Uraikan pendapat Anda.
JAWAB :
Menurut
saya, saran yang dapat diberikan untuk strategi suatu kampanye promosi toko
ritel yang besar yaitu teknik memperdalam pembelajaran mengenai kelompok dan
dampaknya terhadap individu, karena tersebut ini sangat penting bagi pemasar
yang berkepentingan untuk mempengaruhi perilaku konsumen. Kelompok rujukan
adalah setiap orang/kelompok yang dianggap sebagai dasar perbandingan (atas
rujukan) bagi seseorang dalam membentuk nilai – nilai dan sikap umum/khusus,
atau pedoman khusus bagi perilaku. Konsep ini juga memberikan pandangan
mengenai metode yang kadang – kadang digunakan para pemasar untuk mempengaruhi
perubahan yang diinginkan pada perilaku konsumen. Tingkat pengaruh yang
digunakan kelompok rujukan pada perilaku konsumen perorangan biasanya
tergantung pada sifat individu dan produk serta faktor – faktor sosial
tertentu.
Faktor
– faktor yang berdampak pada pengaruh kelompok rujukan :
·
Informasi dan pengalaman : Orang yang
mempunyai pengalaman langsung dengan suatu produk/jasa, atau dengan mudah
memperoleh informasi yang lengkap mengenai hal itu, kecil kemungkinan
dipengaruhi oleh nasihat/teladan orang lain.
·
Kredibilitas, Daya tarik, Kekuatan kelompok
rujukan : kelompok rujukan yang dirasakan kredibe, menarik, atau berkuasa dpat
menimbulkan perubahan sikap dan perilaku konsumen. Sebagai contoh, jika
konsumen ingin memperoleh informasi yang tepat mengenai kinerja/kualitas suatu
produk/jasa, mereka mungkin terbujuk oleh orang – orang yang mereka anggap
dapat dipercaya dan berpengetahuan. Jadi konsumen lebih mungkin terbujuk oleh
sumber – sumber yang mempunyai kredibilitas tinggi.
·
Sifat menonjol produk : Produk yang menonjol secara visual adalah
produk yang mencolok dan dipehatikan (barang mewah atau produk baru), produk
yang menonjol secara verbal mungkin sangat menarik.
Untuk dapat mempunyai
pengaruh tersebut, kelompok rujukan harus melakukan hal – hal berikut :
· Memberitahukan
agar orang menyadari adanya suatu produk/merk yang khusus.
· Memberikan
kesempatan pada individu untuk membandingkan pemikirannya sendiri dengan sikap
dan perilaku kelompok.
· Mempengaruhi
individu untuk mengambil sikap dan perilaku yang sesuai dengan norma – norma
kelompok.
· Membenarkan
keputusan untuk memakai produk – produk yang sama dengan kelompok.
Pemasar mempunyai sasaran yang berbeda
mengenai kesesuaian konsumen. Terutama yang bertanggung jawab untuk suatu merk
baru atau merk yang tidak merupakan pemimpin pasar, mungkin ingin memilih strategi
yang meminta para konsumen untuk menyampingkan dan mau tampil berbeda dan tidak
hanya mengikuti orang banyak ketika mengambil keputusan untuk membeli.
b) Anda adalah wakil direktur pemasaran
suatu perusahaan minuman ringan. Agen iklan perusahaan Anda sedang dalam proses
merundingkan suatu kontrak untuk memakai seorang bintang penyanyi wanita untuk
mempromosikan produk Anda. Faktor – faktor kelompok rujukan apa saja yang dapat
Anda kemukakan sebelum selebritas tersebut muncul dalam kontrak?
JAWAB :
Para selebriti, terutama bintang film,
tokoh TV, penghibur yang populer, merupakan daya tarik kelompok rujukan yang
sudah sangat lazim. Sebuah perusahaan yang memutuskan menggunakan selebriti
untuk mempromosikan produk/jasanya mempunyai pilihan dengan menggunakan
selebriti, untuk memberikan pernyataan, atau dukungan, sebagai seorang aktor dalam
iklan, atau sebagai juru bicara perusahaan. Dari semua manfaat yang dapat
disumbangkan seorang selebriti pada program iklam suatu perusahaan –
kemasyuran, bakat, kredibilitas, atau karisma – kredibilitas selebriti terhadap
audien konsumen merupakan hal yang paling penting. Kredibilitas selebtiri
adalah persepsi audience mengenai keahlian selebriti (seberapa banyak selebriti
tersebut mengetahui mengenai bidang produk tersebut) maupun sifat dapat
dipercaya (seberapa jujur selebriti tersebut terhadap apa yang dikatakannya
mengenai produk).
Faktor
– faktor yang berdampak pada pengaruh kelompok rujukan :
·
Informasi dan pengalaman : Orang yang
mempunyai pengalaman langsung dengan suatu produk/jasa, atau dengan mudah
memperoleh informasi yang lengkap mengenai hal itu, kecil kemungkinan
dipengaruhi oleh nasihat/teladan orang lain.
·
Kredibilitas, Daya tarik, Kekuatan kelompok
rujukan : kelompok rujukan yang dirasakan kredibe, menarik, atau berkuasa dpat
menimbulkan perubahan sikap dan perilaku konsumen. Sebagai contoh, jika
konsumen ingin memperoleh informasi yang tepat mengenai kinerja/kualitas suatu
produk/jasa, mereka mungkin terbujuk oleh orang – orang yang mereka anggap dapat
dipercaya dan berpengetahuan. Jadi konsumen lebih mungkin terbujuk oleh sumber
– sumber yang mempunyai kredibilitas tinggi.
·
Sifat menonjol produk : Produk yang menonjol secara visual adalah
produk yang mencolok dan dipehatikan (barang mewah atau produk baru), produk
yang menonjol secara verbal mungkin sangat menarik.
c)
Bagaimana keluarga dapat mempengaruhi
sosialisasi konsumen kepada anak – anak? Peran apa yang dimainkan iklan
televisi dalam sosialisasi konsumen? Uraikan.
JAWAB
:
Sosialisasi
para anggota keluarga, mulai dari anak – anak sampai dewasa, merupakan fungsi
keluarga yang pokok. Dalam kasus anak – anak kecil, proses ini termasuk
menanamkan pada anak – anak nilai – nilai dasar dan cara berperilaku yang
sesuai dengan budaya. Hal ini biasanya termasuk prinsip – prinsip moral dan
agama, keterampilan antar pribadi, standar berpakaian dan berdandan, tata krama
dan cara berbicara yang pantas, pemilihan pendidikan dan tujuan pekerjaan (karier) yang cocok.
Para
pemasar sering menargetkan orang tua yang mencari bantuan dalam tugas
mensosialisasikan anak – anak mereka. Untuk tujuan ini, para pemasar peka terhadap fakta bahwa pensosialisasian anak –
anak yang masih kecil memberi peluang untuk membentuk suatu dasar agar
pengalaman terakhir terus berkembang di sepanjang kehidupan. Semua pengalaman
ini diperkuat dan berubah selama anak – anak itu bertumbuh jadi remaja, belasan
tahun, dan akhirnya menjadi dewasa.
Peran yang dimainkan iklan televisi
dalam sosialisasi konsumen adalah bersifat membujuk akan produk/jasa yang
ditawarkan. Pemasangan iklan di televisi merupakan cara yang cukup efektif
dalam mempromosikan suatu produk/jasa kepada konsumen, apalagi jika didukung
dengan icon iklan tersebut, misalnya artis terkenal agnes monica, akan
berdampak positif bagi peningkatan penjualan produk/jasa tersebut. Peran
lainnya adalah hanya sebatas informasi iklan dan sosialisasi konsumen.
d)
Di antara kelima tahap siklus kehidupan
keluarga tradisional manakah yang merupakan
segmen – segmen paling menguntungkan bagi produk dan jasa berikut ini :
(i) Liburan
Dunia Fantasi di Ancol
(ii) Pizza
Hut.
JAWAB :
Lima tahap siklus kehidupan
keluarga tradisional :
· Tahap
I : Masa lajang – Orang muda lajang yang tinggal
terpisah dari orang tua.
· Tahap
II :
Orang yang sedang berbulan madu – pasangan muda yang menikah.
· Tahap
III : Orang tua – sepasang suami isteri
dengan setidak – tidaknya satu anak yang tinggal di rumah.
· Tahap
IV : Pasca – orang tua – sepasang suami isteri yang lebih tua tanpa anak yang
tinggal di rumah.
· Tahap
V : Disolusi – seorang isteri atau suami yang
masih hidup.
Segmen – segmen paling menguntungkan
bagi produk dan jasa berikut ini :
(i)
Liburan Dunia Fantasi di Ancol
· Segmen
ini paling cocok pada tahap 1 : Masa lajang – Orang muda lajang yang tinggal
terpisah dari orang tua. Orang muda
lajang cenderung membelanjakan penghasilan mereka untuk sewa rumah, perabot
rumah yang pokok, pembelian dan pemeliharaan mobil, perjalanan dan hiburan,
serta pakaian dan asesoris. Para anggota tahap lajang sering mempunyai cukup
penghasilan yang dapat dibelanjakan untuk mengikuti kata hati mereka. Para
pemasar menargetkan para lajang untuk berbagai macam produk/jasa.
(ii)
Pizza Hut.
- Segmen
ini sebenarnya bisa masuk ke tahap I – V
Tidak
ada batasan untuk tahap I – V, tahap – tahap tersebut bisa menjadi segmen –
segmen yang paling menguntungkan dalam produk tersebut. Mungkin yang lebih
condong yaitu tahap 1 : Masa lajang – Orang muda lajang yang tinggal terpisah
dari orang tua.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar