a.
Anda adalah seorang Brand Manager dari produk
HandPhone jenis baru dengan banyak fitur. Uraikanlah bagaimana pemahaman
terhadap perilaku konsumen berguna bagi Anda dari segi strategi segmentasi
pasar. [1]
b.
Apakah perbedaan antara konsep pemasaran (marketing
concept) dengan konsep pemasaran yang memperhatikan kepentingan masyarakat
(societal marketing concept)? Menurut pendapat Anda, apakah para pemasar
harus memakai societal marketing concept? Dalam industri apa saja adopsi
terhadap societal marketing concept kelihatan menjadi sangat penting?
[5]
c.
Bagaimanakah segmentasi pasar, penetapan target, dan
pengaturan posisi saling berhubungan? Jelaskanlah bagaimana ketiga konsep ini
dapat digunakan untuk mengembangkan strategi pemasaran suatu produk pilihan
Anda. [2]
d.
Apakah keuntungan dan kerugian penggunaan demogafi
sebagai dasar segmentasi. Dapatkah demografi dan psikografi digunakan
bersama-sama untuk membagi pasar? Jelaskanlah jawaban Anda dengan contoh [3].
a. Anda
adalah seorang Brand Manager dari produk HandPhone jenis baru dengan
banyak fitur. Uraikanlah bagaimana pemahaman terhadap perilaku konsumen berguna
bagi Anda dari segi strategi segmentasi pasar. [1]
Jawab
:
Konsumen memiliki keragaman yang
harus dikenali untuk dapat dipahami dan digunakan untuk keberhasilan pemasaran
suatu produk/jasa. Menganalisis perilaku konsumen akan lebih mendalam apabila kita dapat memahami berbagai aspek
yang mempengaruhinya secara keseluruhan termasuk psikologis, social, dan
budaya. Kemampuan dalam melakukan analisis perilaku konsumen akan membawa kita
pada keberhasilan akan memahami dan mengetahui jiwa konsumen dalam usaha
memenuhi kebutuhan.
Memahami konsumen serta proses
mereka melakukan pembelian dan konsumsi produk/jasa akan memberikan sejumlah
manfaat, diantaranya adalah mengarahkan para manajer untuk mengambil keputusan
terkait dengan konsumen. Seorang Brand Manager pasti memahami perilaku konsumen
sangat penting, karena hal tersebut mempengaruhi peningkatan penjualan
barang/jasa dan strategi segmentasi pasar. Segmentasi adalah membagi – bagi
pasar yang bersifat heterogen menjadi homogen. Segmentasi pasar adalah suatu
proses membagi pasar ke dalam sekelompok pelanggan yang memiliki perilaku yang
sama/memiliki kebutuhan yang serupa.
Dasar segmentasi yaitu factor – factor yang
mempengaruhi tuntutan/respon pelanggan yang berbeda.
Langkah – langkah dalam
mengembangkan segmentasi :
·
Mensegmenkan pasar menggunakan variable –
variable permintaan, seperti kebutuhan konsumen, manfaat yang dicari, dan
situasi pemakaian.
·
Mendiskripsikan segmen pasar yang diidentifikasi
dengan menggunakan variabel – variable yang dapat membantu perusahaan memahami
cara melayani kebutuhan konsumen tersebut dan cara berkomunikasi dengan
konsumen.
Setelah melakukan analisis perilaku konsumen kita
dapat mengetahui, bahwa konsumen lebih menyukai produk yang mereka rasa sesuai
dengan kebutuhan, kepribadian, dan gaya hidup.
b. Apakah perbedaan antara konsep pemasaran (marketing
concept) dengan konsep pemasaran
yang memperhatikan kepentingan masyarakat (societal marketing concept)?
Menurut pendapat Anda, apakah
para pemasar harus memakai societal marketing concept? Dalam industri
apa saja adopsi terhadap societal marketing concept kelihatan menjadi
sangat penting? [5]
Jawab
:
Konsep pemasaran (marketing concept) adalah
filsafat yang berorientasi kepada konsumen yang mengemukakan bahwa untuk
memuaskan kebutuhan konsumen perlu diberikan perhatian kepada pengembangan
produk dan strategi pemasaran sehingga memungkinkan pula perusahaan memenuhi
berbagai tujuan organisasinya sendiri. Sedangkan Konsep pemasaran yang memasyarakat
(societal marketing concept) adalah perbaikan konsep pemasaran
tradisional yang mengemukakan bahwa para pemasar setia kepada prinsip – prinsip
tanggung jawab social dalam memasarkan barang/jasa. Pemasar harus berusaha
memenuhi kebutuhan dan keinginan pasar – pasar target mereka dengan cara
memelihara dan meningkatkan kesejahteraan para konsumen dan masyarakat sebagai
keseluruhan.
Ya, para pemasar harus memakai societal marketing concept agar semua pemasar menaati prinsip – prinsip
tanggung jawab social dalam memasarkan barang /jasa. Para pemasar harus
memuaskan kebutuhan dan keinginan berbagai pasar targetnya dengan cara
melindungi dan meningkatkan kesejahteraan konsumen dan masyarakat secara
keseluruhan. Dengan kata lain mengajak para pemasar untuk memenuhi kebutuhan
orang – orang yang dibidik dengan cara meningkatkan kualitas masyarakat secara
keseluruhan, sekaligus memenuhi berbagai tujuan organisasi. Dalam industry
barang/jasa societal marketing concept sangat penting.
Contoh 1 : Restoran cepat saji tidak akan menjual makanan yang tinggi kadar
lemak dan zat tepungnya serta rendah gizinya (misalnya : hamburger/kentang
goreng).
Contoh 2 : Para pemasar tidak akan mengiklankan minuman
beralkohol/rokok kepada kaum remaja.
c.
Bagaimanakah segmentasi pasar, penetapan target,
dan pengaturan posisi saling berhubungan? Jelaskanlah bagaimana ketiga konsep
ini dapat digunakan untuk mengembangkan strategi pemasaran suatu produk pilihan
Anda. [2]
Jawab :
Segmentasi pasar merupakan langkah pertama dalam strategi pemasaran.
Setelah membagi pasar ke dalam
kelompok – kelompok yang homogen, pemasar kemudian harus memilih satu segmen
atau lebih yang dijadikan target. Untuk melakukan hal ini, pemasar harus
mengambil keputusan atas dasar bauran pemasaran yang khusus – yaitu,
harga, saluran, atau daya tarik promosi khusus untuk setiap segmen yang
berbeda. Langkah selanjutnya adalah menentukan posisi produk (product
positioning) sehingga dirasakan oleh para konsumen di setiap segmen yang di
bidik sebagai produk yang memberikan kepuasan lebih baik daripada berbagai
penawaran bersaing lainnya. Karena strategi segmentasi menguntungkan pemasar
maupun konsumen, maka strategi ini telah memperoleh dukungan yang luas dari
kedua belah pihak di pasar. Segmentasi pasar sekarang ini dipakai secara luas
oleh para pengusaha manufaktur, pengecer, dan sector nirlaba.
d.
Apakah keuntungan dan kerugian penggunaan demogafi
sebagai dasar segmentasi. Dapatkah demografi dan psikografi digunakan
bersama-sama untuk membagi pasar? Jelaskanlah jawaban Anda dengan contoh [3].
Jawab
:
·
Keuntungan penggunaan demografi sebagai dasar
segmentasi : merujuk ke statistic populasi yang amat penting, dapat diukur,
membantu menemukan pasar target/pasar sasaran, informasi demografis merupakan
cara yang paling efektif dari segi biaya
dan paling mudah diperoleh untuk mengenali pasar target, kebanyakan data
sekunder termasuk data sensus. Data – data demografis lebih mudah diukur
daripada berbagai variable segmentasi lain.
·
Kerugian penggunaan demografi sebagai dasar
segmentasi : terkadang sulit menemukan pasar target/pasar sasaran dan
membutuhkan banyak variable yang harus diteliti sebelum mengambil keputusan.
Profil demografi dan
psikografi merupakan pendekatan yang saling melengkapi yang akan memberi hasil
maksimal jika digunakan bersama – sama. Dengan mengkombinasikan pengetahuan
yang diperoleh dari studi demografis maupun psikografis, para pemasar
diperlengkapi dengan informasi yang sangat baik mengenai pasar targetnya. Penentuan
profil demografis dan psikografis telah digunakan secara luas dalam pembuatan
kampanye iklan untuk menjawab tiga pertanyaan : “Siapa yang harus kita
targetkan ?” Apa yang harus kita kemukan?” “ Dimana kita harus mengemukannya?”
Untuk membantu pemasang iklan menjawab pertanyaan ketiga, banyak sarana media
iklan mensponsori riset demografis psikografis yang akan menjadi dasar profil audience mereka yang sangat
terinci.
Contoh
:
Mengidentifikasi sebuah
profil demografis dan psikografis mengenai pelanggan PC Magazine, dengan menyajikan profil rangkap pembaca, yang
ditentukan secara teliti, kepada para pembeli media, penerbit mass media, dan
stasiun radio telah memberikan kemungkinan kepada para pemasang iklan untuk
memilih media yang pembacanya berkemungkinan sekali menjadi target pasar
mereka.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar