Rabu, 30 Mei 2012

TUGAS 1 : PENGANTAR & SEGMENTASI PASAR lanjutan

a.       Anda adalah seorang Brand Manager dari produk HandPhone jenis baru dengan banyak fitur. Uraikanlah bagaimana pemahaman terhadap perilaku konsumen berguna bagi Anda dari segi strategi segmentasi pasar. [1]
b.      Apakah perbedaan antara konsep pemasaran (marketing concept) dengan konsep pemasaran yang memperhatikan kepentingan masyarakat (societal marketing concept)? Menurut pendapat Anda, apakah para pemasar harus memakai societal marketing concept? Dalam industri apa saja adopsi terhadap societal marketing concept kelihatan menjadi sangat penting? [5]
c.       Bagaimanakah segmentasi pasar, penetapan target, dan pengaturan posisi saling berhubungan? Jelaskanlah bagaimana ketiga konsep ini dapat digunakan untuk mengembangkan strategi pemasaran suatu produk pilihan Anda. [2]
d.      Apakah keuntungan dan kerugian penggunaan demogafi sebagai dasar segmentasi. Dapatkah demografi dan psikografi digunakan bersama-sama untuk membagi pasar? Jelaskanlah jawaban Anda dengan contoh [3].

a.      Anda adalah seorang Brand Manager dari produk HandPhone jenis baru dengan banyak fitur. Uraikanlah bagaimana pemahaman terhadap perilaku konsumen berguna bagi Anda dari segi strategi segmentasi pasar. [1]
Jawab :
Konsumen memiliki keragaman yang harus dikenali untuk dapat dipahami dan digunakan untuk keberhasilan pemasaran suatu produk/jasa. Menganalisis perilaku konsumen akan lebih mendalam  apabila kita dapat memahami berbagai aspek yang mempengaruhinya secara keseluruhan termasuk psikologis, social, dan budaya. Kemampuan dalam melakukan analisis perilaku konsumen akan membawa kita pada keberhasilan akan memahami dan mengetahui jiwa konsumen dalam usaha memenuhi kebutuhan.
Memahami konsumen serta proses mereka melakukan pembelian dan konsumsi produk/jasa akan memberikan sejumlah manfaat, diantaranya adalah mengarahkan para manajer untuk mengambil keputusan terkait dengan konsumen. Seorang Brand Manager pasti memahami perilaku konsumen sangat penting, karena hal tersebut mempengaruhi peningkatan penjualan barang/jasa dan strategi segmentasi pasar. Segmentasi adalah membagi – bagi pasar yang bersifat heterogen menjadi homogen. Segmentasi pasar adalah suatu proses membagi pasar ke dalam sekelompok pelanggan yang memiliki perilaku yang sama/memiliki kebutuhan yang serupa.
Dasar segmentasi yaitu factor – factor yang mempengaruhi tuntutan/respon pelanggan yang berbeda.
Langkah – langkah dalam mengembangkan segmentasi :
·         Mensegmenkan pasar menggunakan variable – variable permintaan, seperti kebutuhan konsumen, manfaat yang dicari, dan situasi pemakaian.
·         Mendiskripsikan segmen pasar yang diidentifikasi dengan menggunakan variabel – variable yang dapat membantu perusahaan memahami cara melayani kebutuhan konsumen tersebut dan cara berkomunikasi dengan konsumen.
Setelah melakukan analisis perilaku konsumen kita dapat mengetahui, bahwa konsumen lebih menyukai produk yang mereka rasa sesuai dengan kebutuhan, kepribadian, dan gaya hidup.
b.       Apakah perbedaan antara konsep pemasaran (marketing concept) dengan konsep  pemasaran yang memperhatikan kepentingan masyarakat (societal marketing concept)? Menurut          pendapat Anda, apakah para pemasar harus memakai societal marketing concept? Dalam industri apa saja adopsi terhadap societal marketing concept kelihatan menjadi sangat penting? [5]
Jawab :
      Konsep pemasaran (marketing concept)  adalah filsafat yang berorientasi kepada konsumen yang mengemukakan bahwa untuk memuaskan kebutuhan konsumen perlu diberikan perhatian kepada pengembangan produk dan strategi pemasaran sehingga memungkinkan pula perusahaan memenuhi berbagai tujuan organisasinya sendiri. Sedangkan Konsep pemasaran yang memasyarakat (societal marketing concept) adalah perbaikan konsep pemasaran tradisional yang mengemukakan bahwa para pemasar setia kepada prinsip – prinsip tanggung jawab social dalam memasarkan barang/jasa. Pemasar harus berusaha memenuhi kebutuhan dan keinginan pasar – pasar target mereka dengan cara memelihara dan meningkatkan kesejahteraan para konsumen dan masyarakat sebagai keseluruhan.
      Ya, para pemasar harus memakai societal marketing concept agar semua pemasar menaati prinsip – prinsip tanggung jawab social dalam memasarkan barang /jasa. Para pemasar harus memuaskan kebutuhan dan keinginan berbagai pasar targetnya dengan cara melindungi dan meningkatkan kesejahteraan konsumen dan masyarakat secara keseluruhan. Dengan kata lain mengajak para pemasar untuk memenuhi kebutuhan orang – orang yang dibidik dengan cara meningkatkan kualitas masyarakat secara keseluruhan, sekaligus memenuhi berbagai tujuan organisasi. Dalam industry barang/jasa societal marketing concept sangat penting.
Contoh 1 : Restoran cepat saji tidak akan menjual makanan yang tinggi kadar lemak dan zat tepungnya serta rendah gizinya (misalnya : hamburger/kentang goreng).
Contoh 2 : Para pemasar tidak akan mengiklankan minuman beralkohol/rokok kepada kaum remaja.
c.          Bagaimanakah segmentasi pasar, penetapan target, dan pengaturan posisi saling berhubungan? Jelaskanlah bagaimana ketiga konsep ini dapat digunakan untuk mengembangkan strategi pemasaran suatu produk pilihan Anda. [2]
Jawab :
Segmentasi pasar merupakan langkah pertama dalam strategi pemasaran. Setelah membagi  pasar ke dalam kelompok – kelompok yang homogen, pemasar kemudian harus memilih satu segmen atau lebih yang dijadikan target. Untuk melakukan hal ini, pemasar harus mengambil keputusan atas dasar bauran pemasaran yang khusus – yaitu, harga, saluran, atau daya tarik promosi khusus untuk setiap segmen yang berbeda. Langkah selanjutnya adalah menentukan posisi produk (product positioning) sehingga dirasakan oleh para konsumen di setiap segmen yang di bidik sebagai produk yang memberikan kepuasan lebih baik daripada berbagai penawaran bersaing lainnya. Karena strategi segmentasi menguntungkan pemasar maupun konsumen, maka strategi ini telah memperoleh dukungan yang luas dari kedua belah pihak di pasar. Segmentasi pasar sekarang ini dipakai secara luas oleh para pengusaha manufaktur, pengecer, dan sector nirlaba.
d.         Apakah keuntungan dan kerugian penggunaan demogafi sebagai dasar segmentasi. Dapatkah demografi dan psikografi digunakan bersama-sama untuk membagi pasar? Jelaskanlah jawaban Anda dengan contoh [3].
Jawab :
·      Keuntungan penggunaan demografi sebagai dasar segmentasi : merujuk ke statistic populasi yang amat penting, dapat diukur, membantu menemukan pasar target/pasar sasaran, informasi demografis merupakan cara yang paling efektif  dari segi biaya dan paling mudah diperoleh untuk mengenali pasar target, kebanyakan data sekunder termasuk data sensus. Data – data demografis lebih mudah diukur daripada berbagai variable segmentasi lain.
·      Kerugian penggunaan demografi sebagai dasar segmentasi : terkadang sulit menemukan pasar target/pasar sasaran dan membutuhkan banyak variable yang harus diteliti sebelum mengambil keputusan.
Profil demografi dan psikografi merupakan pendekatan yang saling melengkapi yang akan memberi hasil maksimal jika digunakan bersama – sama. Dengan mengkombinasikan pengetahuan yang diperoleh dari studi demografis maupun psikografis, para pemasar diperlengkapi dengan informasi yang sangat baik mengenai pasar targetnya. Penentuan profil demografis dan psikografis telah digunakan secara luas dalam pembuatan kampanye iklan untuk menjawab tiga pertanyaan : “Siapa yang harus kita targetkan ?” Apa yang harus kita kemukan?” “ Dimana kita harus mengemukannya?” Untuk membantu pemasang iklan menjawab pertanyaan ketiga, banyak sarana media iklan mensponsori riset demografis psikografis yang akan menjadi dasar profil audience mereka yang sangat terinci.
Contoh :
Mengidentifikasi sebuah profil demografis dan psikografis mengenai pelanggan PC Magazine, dengan menyajikan profil rangkap pembaca, yang ditentukan secara teliti, kepada para pembeli media, penerbit mass media, dan stasiun radio telah memberikan kemungkinan kepada para pemasang iklan untuk memilih media yang pembacanya berkemungkinan sekali menjadi target pasar mereka.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar