a. Mengapa
kebutuhan dan tujuan konsumen terus-menerus berubah? Faktor-faktor apa yang
mempengaruhi pembentukan tujuan baru? [4]
Jawab :
Karena dalam teori Maslow hierarki
kebutuhan terdapat lima tingkatan dasar kebutuhan manusia yang universal. Teori
tersebut menjelaskan bahwa individu berusaha memenuhi kebutuhan yang lebih
rendah sebelum timbul tingkat kebutuhan yang lebih tinggi. Tingkat kebutuhan
paling rendah yang terus – menerus tidak terpenuhi yang dialami seseorang akan
membantu memotivasi perilakunya. Jika kebutuhan tersebut sudah terpenuhi dengan
cukup baik, kebutuhan baru (dan lebih tinggi) akan timbul sehingga orang
terdorong untuk memenuhinya. Jika kebutuhan ini sudah terpenuhi , kebutuhan
baru (yang lebih tinggi lagi) akan timbul, dan seterusnya.
Faktor-faktor
apa yang mempengaruhi pembentukan tujuan baru : semua perilaku berorientasi
kepada tujuan. Tujuan merupakan hasil yang dicari perilaku yang mendapat
rangsangan. Bentuk atau arah yang diambil perilaku – tujuan yang dipilih –
merupakan hasil proses berpikir (kesadaran) dan proses belajar sebelumnya. Factor
– factor yang mempengaruhi yaitu bersifat fisiologis, psikologis, tujuan khusus
yang dipilih tergantung pada pengalaman, kemampuan fisik, norma- norma dan
nilai – nilai budaya yang berlaku, dan kemudian mencapai tujuan itu dalam
lingkungan fisik dan social.
Kebutuhan
dan tujuan saling bergantungan dan berubah sebagai respon dari keadaan fisik,
lingkungan, interaksi dengan orang lain, dan pengalaman individu.
b. Bagaimana
pemasar dapat menggunakan kegagalan konsumen dalam mencapai tujuan untuk
mengembangkan daya tarik promosi berbagai produk dan jasa khusus? Berikan
contoh. [5]
Jawab :
Pemasar
dapat menggunakan kegagalan konsumen dalam mencapai tujuan untuk mengembangkan
daya tarik promosi berbagai produk dan jasa khusus dengan cara mekanisme
pertahanan digunakan untuk melindungi ego
dari perasaan kegagalan ketika tidak dapat mencapai sasaran. Hal ini
meliputi agresi, regresi, harga diri rasionalisasi, penarikan diri, proyeksi,
autisme, identifikasi dan represi.
Para
pemasar sudah lama mengakui pentingnya mekanisme pertahanan ini dan sering
mempergunakannya sebagai dasar untuk daya tarik iklan. Itulah sebabnya mengapa
berbagai iklanfragmen kehidupan di televise/radio dan iklan di surat kabar
demikian popular. Iklan yang demikian sering menggambarkan situasi stereotipe
di mana seseorang mengalami kekecewaan dan kemudian mengatasi masalah itu
dengan menggunakan produk yang diiklankan.
Contoh : Seorang wanita yang tidak
sanggup membeli mobil BMW mungkin meyakinkan dirinya bahwa Mazda Miata
mempunyai mempunyai citra yang jelas lebih disukainya. Sudah tentu, dalam hal
ini, sasaran pengganti dapat merupakan reaksi pembelaan terhadap rasa frustasi.
c. Sebagian
besar kebutuhan manusia sering tidak timbul ke permukaan. Faktor-faktor apa
yang menyebabkan mereka timbul? Berikanlah contoh. [6]
Jawab :
Faktor-faktor apa yang
menyebabkan kebutuhan manusia timbul disebabkan oleh rangsangan yang terdapat
di dalam kondisi psikologis individu, oleh proses emosi atau kesadaran, atau
oleh rangsangan yang berasal dari lingkungan di luar dirinya.
·
Pemicu Psikologis
: kebanyakan isyarat psikologis ini tidak disadari, tetapi isyarat itu
mendorong kebutuhan yang berkaitan dan menyebabkan tekanan yang tidak
menyenangkan sampai kebutuhan itu terpenuhi.
Contoh : orang yang menggigil itu
mungkin menyalakan pemanas dalam rumahnya untuk menghilangkan rasa yang tidak
menyenangkan itu, ia mungkin juga akan mencatat dalm pikirannya untuk membeli
piama flannel.
·
Pemicu
Emosional : semua pemikiran ini cenderung merangsang kebutuhan yang tidak
disadari, yang dapat menimbulkan tekanan yang tidak menyenangkan yang
menggerakkan mereka pada perilaku yang berorientasi pada sasaran.
Contoh
: seorang wanita muda yang berangan – angan menjadi pemimpin industry mungkin
mendaftar di perguruan tinggi jurusan niaga.
·
Pemicu
Kesadaran : pemikiran yang tidak disengaja dapat menimbulkan kesadaran
pikiran akan kebutuhan. Contoh :
iklan yang mengingatkan seseorang akan rumahnya dapat memicu kerinduan seketika
itu juga untuk berbicara dengan orangtuanya. Hal ini menjadi dasar bagi
kampanye berbagai perusahaan telepon jarak jauh yang menekankan biaya yang
rendah dalam tarif jarak jauh internasional.
·
Pemicu
Lingkungan : serangkaian kebutuhan yang dialami orang pada waktu tertentu
sering dihidupkan oleh berbagai isyarat khusus di lingkungannya. Tanpa isyarat
ini, kebutuhan mungkin tetap tidak
timbul.
Contoh : berita pulul
6, gambar atau kue – kue di took roti, iklan makanan cepat saji di televisi,
akhir jam sekolah – semuanya ini dapat memicu kebutuhan akan makanan. Dalam
kondisi seperti itu, perubahan lingkungan mungkin diperlukan untuk mengurangi
pemicu rasa lapar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar