Kamis, 31 Mei 2012

TUGAS 7 : KOMUNIKASI



1.       Jelaskanlah perbedaan antara umpan balik dari komunikasi interpersonal dan umpan balik dari komunikasi impersonal. Bagaimana pemasar dapat memperoleh dan menggunakan setiap jenis umpan balik tersebut?

Jwb: 
Komunikasi antar perorangan formal (Formal Interpersonal Communications) : Komunikasi langsung antara seseorang yang mewakili organisasi laba atau nirlaba dengan seseorang atau lebih lainnya (misalnya, pembicaraan antara seseorang tenaga penjual dengan seorang bakal calon pembeli). Sedangkan komunikasi impersonal (Impersonal Communications) : Komunikasi yang ditujukan kepada audience yang luas dan tersebar, tanpa komunikasi langsung antara sumber dan penerima. Juga dikenal sebagai komunikasi massa. umpan balik merupakan komponen yang sangat diperlukan dalam komunikasi interpersonal dan impersonal. Biasanya, lebih muda memperoleh umpan balik (lisan maupun bukan lisan) dari komunikasi interpersonal daripada komunikasi impersonal. Tetapi, biaya ruang dan waktu yang tinggi dalam media impersonal, para sponsor komunikasi impersonal sangat penting menemukan cara untuk memperoleh umpan balik sesegera mungkin sehingga mereka dapat memperbaiki pesan jika artinya tidak diterima seperti yang dimaksudkan. 
Komunikasi interpersonal adalah komunikasi antara orang-orang secara tatap muka, yang memungkinkan setiap pesertanya menangkap dan menanggapi reaksi orang lain secara langsung, baik secara verbal atau nonverbal.
Efektivitas Komunikasi Interpersonal dimulai dengan lima kualitas umum yang dipertimbangkan yaitu :
·        keterbukaan (openness)
·        empati (empathy)
·        sikap mendukung (supportiveness)
·        sikap positif (positiveness)
·        kesetaraan (equality)
                                                             
Umpan balik sangatlah penting dalam proses Komunikasi Antar Pribadi, karena pengirim dan penerima pesan secara terus menerus dan secara bergantian memberikan umpan balik dalam berbagai cara baik secara verbal maupun non verbal. Umpan balik ini dapat bersifat positif maupun negative. Bahkan ada juga umpan balik yang bersifat netral.
Para pemasar dapat memperoleh dan menggunakan umpan balik tersebut untuk membantu memasarkan produknya. Dengan bantuan dari komunikasi dari mulut ke mulut, dapat membantu memasarkan produk dengan pengeluaran yang minim.

2.      Anda adalah manajer pemasaran untuk obat sakit kepala/ agen iklan anda baru saja memperkenalkan pada anda dua strategi promosi yang berbeda. Yang pertama menggunakan pendekatan humor dan yang lain mengambil pendekatan “penderitaan”. Pendekatan mana yang akan anda pilih? Mengapa?
Jwb :
Pendekatan Humor. Karena, dijaman sekarang ini slogan – slogan dari produk yang diiklankan, banyak melakukan promosi menggunakan pendekatan humor. Selain mudah diingat, pendekatan humor juga dapat membuat konsumen yang melihatnya menjadi tertarik kepada produk tersebut.
Banyak pemasar yang menggunakan daya tarik yang lucu dengan keyakinan bahwa humor dapat meningkatkan daya persuasif dan penerimaan atas komunikasi iklan mereka. Program atau berita editorial di sekitar pesan – pesan yang lucu juga mempengaruhi keefektifannya. Berbagai iklan yang lucu kelihatan mempunyai pengaruh terbaik jika disajikan dalam lingkungan aksi-petualangan daripada lingkungan situasi-komedi. Studi yang mempelajari dampak promosi yang lucu terhadap perilaku dalam suatu suasana lapangan menemukan bahwa humor yang relevan meningkatkan perilaku berlangganan, tetapi jika humor tidak relevan dengan objek promosi maka tidak mempunyai dampak ataupun mempunyai dampak negatif. Partisipasi audience merupakan strategi komunikasi yang sangat efektif karena mendorong internalisasi pesan iklan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar